Blog tentang berbagai bisnis, artikel wiraswasta, bisnis rumahan, bisnis sampingan, berbagi pengalaman, ide, tips, dan strategi seputar bisnis.

Senin, 21 April 2014

Bisnis Jasa Pelatihan Entrepreneur Makin Marak

Peluang Usaha Bisnis Jasa Pelatihan Entrepreneur

Bisnis Jasa Pelatihan Entrepreneur  

Jasa Pelatihan Entrepreneur - Ditengah tingginya angka pengangguran, menjadi entrepreneur adalah pilihan tepat. Selain membuka lapangan pekerjaan baru, juga banyak manfaat lain yang didapat. Tak heran jika saat ini minat menjadi seorang entrepreneur khususnya dikalangan muda semakin marak. Begitu juga bagi karyawan yang ingin memiliki usaha sambilan hingga para pensiunan yang masih ingin berkarya. Tak heran jika saat ini jasa pelatihan yang mendidik calon entrepreneur semakin berpeluang untuk dikembangkan.
Peluang Bisnis Jasa Pelatihan Entrepreneur. Jika dulu kalangan anak muda banyak yang memilih menjadi karyawan selepas lulus kuliah, namun sudah mulai banyak kalangan muda yang ingin mandiri dengan  memilih jalan menjadi entrepreneur. Apalagi ditengah tingginya angka pengangguran, dari data Bapenas tercatat angka pengangguran kalangan muda saat ini mencapai 19,99 persen dan jumlahnya masih sekitar 4,2 juta orang. Karena itulah saat ini mulai banyak berkembang lembaga pendidikan baik  formal seperti universitas hingga non formal seperti jasa pelatihan yang mendorong lahirnya entrepreneur baru. Tak heran jika jasa pelatihan untuk mendidik calon entrepreneur semakin dilirik banyak orang.

Pada pelatihan entrepreneur, pendidikan yang diberikan dengan melakukan pertemuan rutin. Tak hanya itu, juga diberi materi pelatihan yang terus dikembangkan, serta langsung dipraktekan. Jadi tidak hanya memotivasi seseorang untuk berbisnis seperti halnya dilakukan oleh para motivator, tapi agar peserta benar0benar memperoleh pendapatan dari bisnis yang dijalankan. Persaingan usaha pelatihan entrepreneur tidak sebanyak motivator, dan peluangnya masih besar.

Mudah dijalankan. Untuk memulai usaha membuat lembaga pelatihan entrepreneur tidak perlu mengurus izin usaha terlebih dahulu, karena bukan pendidikan formal. Namun jika usaha sudah mulai berkembang bisa mengurus izin usaha minimal dalam bentuk CV untuk menambah kepercayaan peserta. Pemilik usaha sebaiknya juga sudah memiliki pengalaman dalam menjalankan usaha atau tidak memiliki pengalaman bisa pula merekrut mentor untuk memberikan materi program pelatihan bekerja sama dengan pihak lain yang memiliki keahlian dalam bidang usaha tertentu sehingga materi pelatihan yang diberikan bisa lebih mendalam.

Bila anda tertarik dalam bisnis ini, anda juga tidak perlu modal besar, cukup sewa tempat dan menyediakan anggaran untuk promo seperti iklan di radio atau media cetak dan online serta menyebar brosur dan spanduk. Sedangkan mentor atau trainer nantinya bisa diambil dari member yang sudah sukses atau dari kalangan komunitas pengusaha.

Diawal usaha bisa menggunakan rumah sebagai tempat operasional usaha, sedangkan pelatihan biasanya dilakukan dihotel untuk menunjukan reputasi dari pelatihan tersebut, dengan tarif sewa biasanya perjam. Untuk meminimalisir biaya sewa, bisa pula melakukan sistem kerjasama dengan pihak kampus.

Segmen Pasar. Hal lain yang harus diperhatikan adalah materi pelatihan yang ditawarkan harus melihat minat pasar dari segmen peserta yang dituju. Sedangkan segmen pasar yang dituju bisa dari berbagai kalangan seperti perorangan dari mulai pengangguran hingga lulusan SMU dan mahasiswa. Kalangan korporat seperti pedlatihan untuk nasabah bank, lembaga pembiayaan, atau karyawan untuk persiapan pensiun. Materi yang diberikan juga harus disesuaikan, seperti untuk kalangan pensiunan, materi pelatihan umumnya dibidang agribisnis seperti ternak atau bisnis rumah kontrakan yang minim resiko sesuai dengan minat para pensiunan.

Pemasaran. Untuk memperkenalkan jasa pelatihan entrepreneur bisa melakukan promosi dengan memasang iklan di media cetak, membuat seminar murah atau seminar gratis, talkshow di radio, promosi online lewat website dan media sosial twiter dan facebook. Selain itu rekomendasi dari member kepada orang lain atau testimoni dari member juga menjadi senjata ampuh dalam memasarkan jasa ini. Pelatihan entrepreneur juga bisa memperluas pasar dengan mengembangkan konsep franchise atau bisapula melakukan sistem rekanan, yaitu membuka tawaran menjadi Event Organizer (EO)


Bisnis Jasa Pelatihan Entrepreneur Makin Marak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BELAJAR PHOTOSHOP | VIDEO TUTORIAL PHOTOSHOP