Blog tentang berbagai bisnis, artikel wiraswasta, bisnis rumahan, bisnis sampingan, berbagi pengalaman, ide, tips, dan strategi seputar bisnis.

Selasa, 25 Februari 2014

Bisnis Membuka Pakaian Distro Makin Marak

Bisnis Distro

Distro atau distribution outlet, pada dasarnya merupakan saluran atau perantara yang menjual produk yang dititipkan oleh produsen dari produk fesyen seperti pakaian dan berbagai aksesoris. Distro konon dimulai di Bandung dan memang kalau kita jalan-jalan ke Bandung akan menemui berderetan distro. Distro yang konvensional tentu saja dengan membuka suatu kios atau ruangan toko. Namun demikian, perkembangan teknologi saat ini dengan adanya internet atao online telah memunculkan distro tanpa konsep toko. Jadi ada dua macam distro: 1. Distro dalam bentuktoko konvensional dan 2. Online Distro. Kita diskusikan keduanya menyangkut tips sukses untuk mengelolanya.
peluang usaha

Peluang Usaha Membuka Usaha Distro. Pertama, distro konvensional dalam bentuk kios atau toko. Seperti halnya membuka toko, lokasi sangat penting disini. Karena sebagian besar pembeli adalah anak muda dan dewasa, maka sebaiknya membuka distro di lokasi yang banyak dihuni mereka. Kita bisa mendekatkan dengan pusat distro yang ada atau membuka di dekat kampus atau pusat pembelanjaan. Lalu tawarkan jenis produk yang unik artinya eksklusif, tidak dijual di banyak tempat.

Hal penting berikutnya menyangkut harga. orang biasanya mempersepsikan pakaian yang dijual didistro kita. berharga murah. Untuk itu kita harus menjual pakaian atau aksesoris dengan harga bersaing didistro kita. Selanjutnya, janagan lupa melakukan promosi secara rutin. Yang selalu ada adalah papan nama dan spanduk yang mencolok mata. Kemudian lakukan pula penyebaran brosur kedaerah sekitar misalnya bisa ke kos-kosan mahasiswa. Terakhir, janagan lupa memberikan pelayanan yang menegsankan bagi pembeli yang masuk ke toko distro kita. Kalau mungkin berikan layanan lebih seperti layanan pengepasan pakaian jika ukurannya tidak cocok.

Sekarang, kita bahas distro kedua yaitu online distro. Online distro sat ini cukup menarik karena kita bisa jalankan dengan modal nol. Mengapa?Karena berbeda dari bentuk distro toko konvensional, kita tidak perlu membuka toko di suatu lokasi. Kita cukup memanfaatkan handphone atau komputer kita dengan koneksi ke internet. Kunci sukses bisnis online distro adalah jaringan atau pertemanan kita sebanyak mungkin. Salah satu saudara saya menjalankan online distro. Dia memanfaatkan BBM (Black Berry Messenger). Bagainmana caranya? Dia masuk ke grup-grup BBM. Mencari teman sebanyak mungkin dengan minta temannya mengundang dia sebagai teman. Lalu dari BBM itu dia pasang foto-foto pakaian yang dia jual. Nah dari sini banyak teman-teman lama maupun baru yang memesan pakaian ke dia. Kalau saya amati, pakaian yang dia jual memang unik dan model terkini. Dia hanya pajang foto pakaiannya, dan harganya murah.Harganya bisa setengah atau sepertiga dari harga pakaian yang mirip dijual di mall. Memang tidak bermerek namun model dan pakaiannya bagus. Klau ada teman yang memesan, dia akan meminta temannya membayar dulu lewat transfer bank.Lalu ia akan pesan produk itu ke pemasoknya. Setelah itu, produk dikirim via jasa pengiriman ke alamat si pemesan tadi. Semakin banyak teman, maka semakin besar peluang menjual.. Tak heran dia berusaha masuk berbagai grup BBM dan juga dia membuat juga grup-grup BBM sampai memori handphone penuh.

Lalu pertanyaan berikutnya dari mana dia dapat pemasok? Pemasoknya ternyata diperoleh dari teman lama dan baru yang dia buat di grup BBM. Jadi dengan grup online ini, mereka sling bercerita dan terjadi bisnis.Kalau diamati modal dia dapat dikatakannol. Dia tidak perlu memproduksi sendiri, tidak punya persediaan karena memesan ke pemasok kalau ada pesanan. Jadi kunci dia adalah membuat jejaring sosial atau grup dan pertemanan sebanyak mungkin.
Selain memakai BB, kita juga bisa memanfaatkan internet denganmembuka website online distro kita, bisa dengan mendesain website kita sendiri. Sama seperti sebelumnya, kita cukup memajang foto-foto pakaian dari pemasok kita. Lalu kita tawarkan ke teman-teman online kita. Nah jadi kalau mau mencoba memiliki bisnis distro dengan modal kecil, kita bisa lakukan online distro. Kuncinya buat jejaring pertemanan sebanyak mungkin. Selamat berbisnis!!! Artikel selanjutnya mengenai bisnis jasa pembuatan website.

Bisnis Membuka Pakaian Distro Makin Marak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: BELAJAR PHOTOSHOP | VIDEO TUTORIAL PHOTOSHOP